Tingkatkan Pelaksanaan Shalat Wajib dan Sunnah Serta Do’a Untuk Mengarungi Pandemi

13

Islami.Net – Sudah 8 bulan kita mengalami sebuah hal yang sulit di tahun ini, yaitu musibah besar bahkan musibah global Pandemi Virus SARS-CoV-2 yang membuat banyak dari kita terkena penyakit Covid-19.

Penyakit ini efeknya sangat besar karena hingga hari ini sudah lebih dari 50.000.000 orang yang terinfeksi di seluruh dunia dan lebih dari 1.200.000 orang meninggal. Ini sebuah angka yang luar biasa massive.

Yang jadi masalah lebih besar lagi adalah penyakit ini tidak hanya merugikan bagi kesehatan kita sebagai manusia, akan tetapi juga membuat banyak tatanan kehidupan porak-poranda.

Selain mengakibatkan penyakit di badan, pandemi ini juga membuat banyak sekali orang kehilangan pekerjaan dan kesulitan untuk belajar. Jika pada hari-hari biasa banyak di antara kita yang kesulitan untuk menjalani kehidupan karena beratnya beban yang dihadapi, maka pada hari-hari ini lebih banyak lagi yang merasakan hal tersebut.

Meraih Pertolongan dengan Shalat dan Do’a

Tidak mudah tentunya menghadapi masalah ini, karena memang skala musibahnya luar biasa dahsyat. Berbagai negara dari yang kecil maupun yang besar terbukti kesulitan menghadapi musibah ini, tidak terkecuali negara kita tercinta.

Namun demikian kita tidak boleh putus asa karena sebagai seorang muslim kita harus tetap berpikiran positif, kita tetap yakin bahwa walaupun masalah begitu besar tetapi Allah Maha Besar, kekuasaan-Nya dapat membantu kita untuk mengatasi masalah sebesar apapun.

Pertanyaannya adalah, bagaimana agar kita mendapatkan pertolongan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala? Salah satu jawabannya bisa kita lihat dalam Al-Quran. Pada salah satu ayat Allah berfirman, “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu.” [QS Al-Baqarah ayat 45].

Maka perbanyaklah shalat untuk meraih pertolongan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Lakukan dengan ikhlas, mengikuti sunnah Rasul dan juga lakukan sesuai pada jadwal waktu shalat yang ditentukan.

Jangan sampai kita melakukan shalat dengan niat untuk riya, tidak sesuai dengan sunnah Rasulullah atau melewati batas waktu shalat. Jangan sampai karena kesibukan kerja kita meninggalkan shalat, apalagi karena malas dan tidak peduli dengan shalat.

Tidak ketinggalan pula dalam meraih pertolongan Allah itu bisa kita usahakan dengan memperbanyak doa dan dzikir perlindungan sebagaimana diajarkan dalam banyak ayat dan hadits yang shahih.

Jika kita teliti dalam berbagai hadits yang shahih misalnya, kita bisa menemukan bagaimana Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam memohon perlindungan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dari penyakit-penyakit yang berbahaya.

Juga bisa melihat beliau berlindung dari akhir kehidupan yang buruk, dari masa tua yang buruk, dan dari segala macam jenis musibah.

Sebagai seorang muslim tentunya kita mengetahui bahwa beliau adalah contoh terbaik bagi kehidupan kita, dan kita lihat bahwa salah satu hal yang beliau lakukan ketika menghadapi musibah adalah dengan memperbanyak doa dan dzikir, maka kita ikuti contoh beliau sebagai sebaik-baik tauladan bagi kita dalam menghadapi musibah ini.

Insya Allah dengan menerapkannya kita akan mendapatkan pertolongan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam menghadapi musibah yang sedang mendera negara kita tercinta ini.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala selalu lindungi kita, keluarga kita, masyarakat kita dari musibah yang sedang mendera ini dan semoga pandemi ini lekas berakhir agar kita dapat beribadah secara optimal seperti dahulu kala. Amin Ya Rabbal alamin.

Promot Content

You might also like
close