Hukum Air Musta’mal Dalam Islam

82

Bolehkan Menggunakan Air Musta’mal Di Gunakan Untuk Bersuci?

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam…

Islami.Net – Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga, para sahabat dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik hingga akhir zaman.

Kita telah mengetahui bersama, bahwa di antara syarat sah shalat diharuskan untuk berwudhu terlebih dahulu atau bersuci secara umum dan untuk berwudhu tentu saja memerlukan air, lalu air seperti saja yang boleh digunakan untuk berwudhu atau mandi besar?

Itulah yang akan kami angkat dalam pembahasan kali ini dan semoga bermanfaat.

Ada Dua Macam Air
Perlu diketahui, bahwa air itu ada dua macam, yaitu air muthlaq dan air najis.

Pertama: Air Muthlaq
Air muthlaq ini biasa disebut pula air thohur (suci dan mensucikan), maksudnya, air muthlaq adalah air yang tetap seperti kondisi asalnya, air ini adalah setiap air yang keluar dari dalam bumi maupun turun dari langit, sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Dan Kami turunkan dari langit air yang suci.” (QS. Al-Furqan/25: 48).

Yang juga termasuk air muthlaq adalah air sungai, air salju, embun dan air sumur kecuali jika air-air tersebut berubah, karena begitu lama dibiarkan atau karena bercampur dengan benda yang suci, sehingga air tersebut tidak disebut lagi air muthlaq.

Begitu pula yang termasuk air muthlaq adalah air laut. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanyakan mengenai air laut, beliau pun menjawab, “Air laut tersebut thohur (suci lagi mensucikan), bahkan bangkainya pun halal.” (H.R. At-Tirmidzi, Abu Daud dan An-Nasa’i).

Air-air inilah yang boleh digunakan untuk berwudhu dan mandi tanpa ada perselisihan pendapat antara para ulama, lalu bagaimana jika air muthlaq tercampur benda lain yang suci?

Di sini ada dua rincian, yaitu :

1. Jika air tersebut tercampur dengan benda suci dan jumlahnya sedikit, sehingga air tersebut tidak berubah apa-apa dan masih tetap disebut air (air muthlaq), maka ia boleh digunakan untuk berwudhu, misalnya, air dalam bak yang berukuran 300 liter kemasukan sabun yang hanya seukuran 2 mm, maka tentu saja air tersebut tidak berubah dan boleh digunakan untuk berwudhu.

2. Jika air tersebut tercampur dengan benda suci, sehingga air tersebut tidak lagi disebut air (air muthlaq), namun ada “embel-embel” (seperti jika tercampur sabun, disebut air sabun atau tercampur teh, disebut air teh), maka air seperti ini tidak disebut dengan air muthlaq, sehingga tidak boleh digunakan untuk bersuci (berwudhu atau mandi).

Kedua: Air Najis
Air najis adalah air yang tercampur najis dan berubah salah satu dari tiga sifat yaitu bau, rasa atau warnanya. Air bisa berubah dari hukum asal (yaitu suci) apabila berubah salah satu dari tiga sifat yaitu berubah warna, rasa atau baunya.

Dari Abu Umamah Al Bahiliy, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya air tidaklah dinajiskan oleh sesuatu pun selain yang mempengaruhi bau, rasa dan warnanya.”

Tambahan “selain yang mempengaruhi bau, rasa dan warnanya” adalah tambahan yang dho’if. Namun, An-Nawawi mengatakan, “Para ulama telah sepakat untuk berhukum dengan tambahan ini.” Ibnul Mundzir mengatakan, “Para ulama telah sepakat, bahwa air yang sedikit maupun banyak jika terkena najis dan berubah rasa, warna dan baunya, maka itu adalah air yang najis.” Ibnul Mulaqqin mengatakan, “Tiga pengecualian dalam hadits Abu Umamah di atas tambahan yang dho’if (lemah). Yang menjadi hujah (argumen) pada saat ini adalah ijma’ (kesepakatan kaum muslimin) sebagaimana dikatakan oleh Asy-Syafi’i, Al-Baihaqi dan lain-lain.” 

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah mengatakan, “Sesuatu yang telah disepakati oleh kaum muslimin, maka itu pasti terdapat nashnya (dalil tegasnya). Kami tidak mengetahui terdapat satu masalah yang telah mereka sepakati, namun tidak ada nashnya.” (Dinukil dari Tawdhihul Ahkam min Bulughil Marom, Syaikh Abdullah
bin Abdirrahman Ali Basam, 1/114, Darul Atsar).

Intinya, air jenis kedua ini (air najis) tidak boleh digunakan untuk berwudhu. (Lihat penjelasan pembagian air ini di kitab Shahih Fiqh Sunnah, Syaikh Abu Malik, 1/103-104, Al Maktabah At-Taufiqiyah). 

Bolehkah Air Musta’mal Di Gunakan Untuk Bersuci?
Yang dimaksud air musta’mal adalah air yang jatuh dari anggota wudhu orang yang berwudhu atau secara mudahnya kita sebut air musta’mal dengan air bekas wudhu. 

Para ulama berselisih pendapat apakah air ini masih disebut air yang bisa mensucikan (muthohhir) ataukah tidak, namun pendapat yang lebih kuat, air musta’mal termasuk air muthohhir (mensucikan, berarti bisa digunakan untuk berwudhu dan mandi) selama ia tidak keluar dari nama air muthlaq atau tidak menjadi najis disebabkan tercampur dengan sesuatu yang najis, sehingga merubah bau, rasa atau warnanya. 

Inilah pendapat yang dianut oleh ‘Ali bin Abi Tholib, Ibnu ‘Umar, Abu Umamah, sekelompok ulama salaf, pendapat yang masyhur dari Malikiyah, merupakan salah satu pendapat dari Imam Asy-Syafi’i dan Imam Ahmad, pendapat Ibnu Hazm, Ibnul Mundzir dan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah.

Dalil-dalil yang menguatkan pendapat bahwa air musta’mal masih termasuk air yang suci, yaitu : 

Pertama: Dari Abu Hudzaifah, beliau berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah keluar bersama kami di Al-Hajiroh, lalu beliau didatangkan air wudhu untuk berwudhu. Kemudian para sahabat mengambil bekas air wudhu beliau. Mereka pun menggunakannya untuk mengusap.” (H.R. Bukhari No. 187).

Ibnu Hajar Al-‘Asqolani Asy-Syafi’i mengatakan, “Hadits ini bisa dipahami bahwa air bekas wudhu tadi adalah air yang mengalir dari anggota wudhu Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, sehingga ini adalah dalil yang sangat-sangat jelas bahwa air musta’mal adalah air yang suci.” (Fathul Bari, Ibnu Hajar Al Asqolani, 1/295, Darul Ma’rifah, Beirut).

Kedua: Dari Miswar, ia mengatakan, “Jika Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berwudhu, mereka (para sahabat) hampir-hampir saling membunuh (karena memperebutkan) bekas wudhu beliau.”

Air yang diceritakan dalam hadits-hadits di atas digunakan kembali untuk bertabaruk (diambil berkahnya). Jika air musta’mal itu najis, lantas kenapa digunakan? Ibnu Hajar Al-Asqolani mengatakan, “Hadits-hadits ini adalah bantahan kepada orang-orang yang menganggap bahwa air musta’mal itu najis. Bagaimana mungkin air najis digunakan untuk diambil berkahnya?” (Fathul Bari, 1/296).

Ketiga: Dari Ar Rubayyi’, ia mengatakan, “Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengusap kepalanya dengan bekas air wudhu yang berada di tangannya.” (H.R. Abu Daud No. 130).

Keempat: Dari Jabir, beliau mengatakan, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menjengukku ketika aku sakit dan tidak sadarkan diri. Beliau kemudian berwudhu dan bekas wudhunya beliau usap padaku. Kemudian aku pun tersadar.” (H.R. Bukhari No. 194).

Kelima: Dari ‘Abdullah bin ‘Umar, beliau mengatakan, “Dulu dimasa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam laki-laki dan perempuan, mereka semua pernah menggunakan bekas wudhu mereka satu sama lain.” (H.R. Bukhari No. 193).

Keenam: Dari Ibnu ‘Abbas, ia menceritakan, “Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam pernah mandi dari bekas mandinya Maimunah.” (H.R. Imam Muslim No. 323).

Ibnul Mundzir mengatakan, “Berdasarkan ijma’ (kesepakatan) para ulama, air yang tersisa pada anggota badan orang yang berwudhu dan orang yang mandi atau yang melekat pada bajunya adalah air yang suci. Oleh karenanya, hal ini menunjukkan bahwa air musta’mal adalah air yang suci. Jika air tersebut adalah air yang suci, maka tidak ada alasan untuk melarang menggunakan air tersebut untuk berwudhu tanpa ada alasan yang menyelisihinya.”

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah mengatakan, “Begitu pula air musta’mal yang digunakan untuk mensucikan hadats tetap dianggap suci.”

Sedangkan sebagian ulama semacam Imam Asy-Syafi’i dalam salah satu pendapatnya, Imam Malik, Al Auza’i dan Imam Abu Hanifah serta murid-muridnya berpendapat tidak bolehnya berwudhu dengan air musta’mal. 

Namun pendapat yang mereka gunakan kurang tepat, karena bertentangan dengan dalil-dalil yang cukup tegas sebagaimana yang dikemukakan di atas. Wallahu a’lam.

Catatan: Ada beberapa hadits yang melarang menggunakan air bekas bersucinya wanita semisal hadits dari Al Hakam bin ‘Amr. Beliau berkata, “Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang seseorang berwudhu dari air bekas bersucinya wanita.” (H.R. Abu Daud No. 82).

Agar hadits ini tidak bertentangan dengan hadits, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mandi dari bekas mandinya Maimunah” atau hadits, “Dulu di masa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam laki-laki dan perempuan, mereka semua pernah menggunakan bekas wudhu mereka satu sama lain”, maka kita bisa melalui jalan kompromi. 

Kita katakan bahwa larangan dalam hadits Al-Hakam bin ‘Amr yang dimaksud adalah larangan tanzih (makruh) dan tidak sampai diharamkan, jadi menggunakan air bekas bersucinya wanita dihukumi makruh dan bukan haram. Wallahu a’lam dan semoga pembahasan ini bermanfaat.

Promot Content

You might also like
close