Bagaimana Jika Makmum Tertinggal Shalat Jumat? Berikut Penjelasannya

4

Islami.Net – Dalam Shalat Jumat jika seorang makmum tertinggal dan hanya mendapatkan satu rakaat, bagaimana menyelesaikannya?

Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jaza’Iri dalam kitabnya Minhajul Muslim dikutip pada Jumat (11/12/2020) menjelaskan : “Maka hendaklah dia mengerjakan rakaat kedua setelah imam mengucapkan salam, dan hal itu dibolehkan berdasarkan sabda Rasulullah Saw :

“Barang siapa yang mendapatkan satu rakaat dari suatu sholat, artinya ia telah mendapatkan seluruhnya.” (H.R. Muttafaq’ alaih, Bukhari dan Muslim).

Sedangkan jika seorang makmum hanya mendapatkan kurang dari satu rakaat, misalnya dia mendapatkan imam sedang sujud (pada rakaat terakhir), maka hendaklah dia meniati shalatnya dengan Shalat Zuhur dan menyempurnakan shalatnya sebanyak empat rakaat setelah imam mengucapkan salam.

Lantas bagaimana pula dengan orang yang jauh dari perkampungan, apakah tetap diwajibkan melaksanakan Shalat Jumat?

Sholat Jumat tidak diwajibkan atas orang yang jauh dari suatu perkampungan atau kota yang di dalamnya didirikan Shalat Jumat dengan jarak lebih dari 3 mil.

Hal itu berdasarkan sabda Nabi Muhammad Saw : “Shalat Jum’at diwajibkan atas orang yang mendengar seruan (adzan). (H.R. Muslim).

Pada umumnya jangkauan suara seorang muadzin (tanpa memakai pengeras suara) tidak lebih dari 3 mil 4,5 kilometer.

Promot Content

You might also like
close